Minggu, 18 April 2010

menyimpan baterai di kulkas bisa buat baterai tahan lama ???

Sudah lama kami dengar kalau baterai mau habis, dijemur aja dan (semoga) baterai bisa digunakan kembali tetapi sejauh ini kami tidak tahu kebenarannya.

Pernah dengar juga kalau baterai mau awet sebaiknya dimasukkan ke kulkas atau freezer? Nah, kalau yang satu ini lumayan bisa dipercaya.

Jangan senang dulu karena tidak semua baterai bisa diperlakukan seperti diatas dan hanya tipe NiMH dan NiCd saja yang bisa berhasil.

Kedua baterai diatas (NiMH/ NiCd) akan berkurang kapasitasnya sekian persen per hari bila tidak digunakan. Dengan meletakkan baterai di kulkas bahkan freezer akan memperlambat penurunan kapasitas baterai.

Khusus baterai NiMH yang sering kita jumpai di ponsel atau baterai isi ulang seperti Eneloop diatas, bila ditaruh di Freeze maka kapasitasnya akan bertahan di kisaran 90% walaupun tidak digunakan selama sebulan penuh.

Ini berarti walaupun anda tidak menggunakan selama sebulan, tidak perlu kuatir kapasitas baterai akan habis pada saat akan digunakan.

Tetapi harap diingat, sebelum anda gunakan kembali, sebaiknya baterai dibiarkan di ruangan dengan suhu normal agar suhu baterai bisa kembali normal.

Dan terakhir, sebaiknya baterai NiMH diletakkan di kulkas walaupun dalam kondisi habis atau belum mau diisi ulang, ini untuk memperlambat penurunan kapasitas baterai. Selamat mencoba!!!



Labels : free wallpapers wall black weldingmachines

0 komentar:

Poskan Komentar