Selasa, 02 November 2010

DEFINISI HUMAS

Berikut ini, beberapa definisi humas dari pihak-pihak yang terkait dengan kehumasan:

Diawali dengan definisi public relations yang dibebankan kepada Foundation for Public Relations Research and Education(1975) dalam Nova (2009: 31-32) , dimana sebanyak 65 pakar humas, menganalisa 472definisi humas yang berlainan, dan menyimpulkan definisi public relations sebagai berikut.
Public Relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications,understanding, acceptance, and cooperation between and organization and its publics; involve the management of problems or issues; helps management to keep informed on and responsive of public opinion; defines and emphasizes the responsibility of management to serve the public interest; help management to abreast of and effectively utilize change, serving as an early warning system to help anticipate trends, and uses research ands ound and ethical communication techniques as its principal tools.
Dari definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa, hubungan masyarakat merupakan salah satu fungsi manajemen yang menjadijembatan antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya. Dengankata lain, publik berhak untuk dilayani, diterima, dan dijelaskan terkait jika ada krisis yang terkait dengan kepentingan publik, disisi lain publik akan membantu manajemen untuk memberi peringatan dini agar di masa mendatang, perusahaan dapat secara sigap mengantisipasi kemungkinan munculnya krisis.
  • Menurut Jefkins (2003: 10), PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik yang sifatnya internal (ke dalam) maupun yang sifatnya eksternal (ke luar), antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan – tujuan spesifik yangberlandaskan pada saling pengertian.
  • Menurut The Statement of Mexicodalam Ruslan (2008: 17), dimana praktik public relations adalah seni dan ilmu pengetahuan social yang dapat dipergunakan untuk menganalisa kecenderungan,memprediksi konsekuensi yang akan / telah diambil, menasehati parapemimpin organisasi, dan melaksanakan program yang terencanamengenai kegiatan – kegiatan yang bertujuan melayani, baik untukkepentingan organisasi itu sendiri, ataupun kepentingan publik.
  • Menurut John Marstondal am Nova (2009: 32), seorang profesor dibidang komunikasi, mendefinisikan public relations berdasarkan empatfungsi khusus, yaitu penelitian (research), tindakan (action), komunikasi(communication), dan evaluasi (evaluation) atau disebut R-A-C-E.
  • Menurut Sheila Clough Crifasi dalam Nova (2009: 33), seorangprofesor public relations melengkapi formula R-A-C-E, denganmenambahkan pendekatan tujuan (objective), strategi (strategy), dan implementasi (implementation), diantara penelitian dan evaluasi. Yang artinya kunci praktik kegiatan PR haruslah memiliki tujuan yang jelas,bekerja berdasarkan strategi, dan mampu menerapkan rencana yangtelah ditentukan.
  • Menurut Dr. Rex harlow dalam bukunya : A Model for Public Relations Educations for Professional Practices yang diterbitkan oleh International Public Relations Association (IPRA) 1978 dalam Ruslan (2008: 16), dimana Public Relations adalah fungsi managemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasipengertian, penerimaan, dan kerjasama; melibatkan manajemen dalammenghadapi persoalan / permasalahan, membantu manajemen untukmampu menanggapi opini publik; mendukung manajemen dalammengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.
  • Menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom (Cutlip, Center & Broom) dalam Nova (2009: 35), dimana definisi Publik Relations merupakan fungsi manajemen yang membentuk dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan (simbiosismutualisme) antara organisasi dan masyarakat, yang dijadikan sebagai sandaran tolak ukur keberhasilan atau kegagalannya.
  •  Menurut Majelis Humas Dunia (World Assembly of Public Relations) dalam Morissan (2008: 8), mendefinisikan humas sebagai: Public relations is the art and social science of analyzing tends,predicting their consequences, counseling organization leaders andimplemeting planned programs of action which serve both oforganization’s and the public interest.

Dalam beberapa dekade belakangan (sampai saat ini), definisitentang public relations mulai memasukkan aspek komunikasi hubungandua arah (two way communications) untuk mencapai tujuan yang baik(goodwill). Sehingga jangan heran jika dalam mendefinisikan PR, akanditemui kata – kata seperti: timbal balik (reciprocal), saling (mutual), antara(between).



  • Menurut Colin Coulson Thomas (2002) dalam buku Pedoman Praktis Untuk PR, Public relations adalah usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan sengaja untuk membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan perusahaannya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relations dianggap sebagai sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi.
  • Menurut Maria Assumpta (2002) dalam buku Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktek, Public relations adalah interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan yang merupakan kelangsungan hidup organisasi secara tepat dan terus menerus.
  • Menurut Cutlip, Center dan Broom dalam Effective Public Relations, Public Relationsmerupakan fungsi manajemen khusus yang saling mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerja sama antar organisasi dengan berbagai publiknya
  • Menurut Harlow, Public Relations adalah fungsi manajemen yang membantu mendirikan dan memelihara hubungan komunikasi yang saling menguntungkan, keterbukaan dan kerjasama antara organisasi dan publiknya, melibatkan manajemen problem dan issu, membantu manajemen untuk tetap terinfomasi dan responsive terhadap publik.


Labels : free wallpapers wall black weldingmachines

0 komentar:

Poskan Komentar